Rabu, 02 Mei 2012

IBADAH HAJI DIDALAM KITAB YEHEZKIEL


Yehezkiel 40:1 ...pada tanggal sepuluh bulan itu...
tahu tidak ini tanggal apa, tanggal 10 Dzulhijjah saat itu ibadah haji berlangsung

Jika kita melihat alkitab yang benar terjemahan dari Yehezkiel 40:2 adalah
dalam penglihatan-penglihatan ilahi ke sebuah kota di dataran tinggi di sebelah selatan Israel dan menempatkan aku di atas sebuah gunung yang tinggi sekali.
Ini bisa disimpulkan bahwa kota itu adalah Tanah arab atau lebih spesifiknya mekkah

42:15 Sesudah ia selesai dengan mengukur seluruh bangunan dalam itu, ia mengiring aku menuju pintu gerbang yang menghadap ke sebelah timur, lalu mengukur sekeliling lingkungan Bait Suci itu.
42:16 Ia mengukur sisi timur dengan tongkat pengukur: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Lalu ia berputar
42:17 dan mengukur sisi utara: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur. Ia berputar lagi
42:18 ke sisi selatan dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:19 Kemudian ia berputar ke sisi barat dan mengukurnya: lima ratus hasta menurut tongkat pengukur.
42:20 KEEMPA SISINYA diukur. Sekeliling lingkungan itu ada tembok: panjangnya lima ratus hasta dan lebarnya lima ratus hasta, untuk memisahkan yang kudus dari yang tidak kudus.
Berarti bentuk bangunan itu persegi dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan kakbah. Saat diajaknya keliling berarti telah thawaf,BAIT SUCI MANA LG YG BERBENTUK PERSEGI????

47:1 Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu Bait Suci, dan sungguh, ada air keluar dari bawah ambang pintu Bait Suci itu dan mengalir menuju ke timur; sebab Bait Suci juga menghadap ke timur; dan air itu mengalir dari bawah bagian samping kanan dari Bait Suci itu, sebelah selatan mezbah.
47:2 Lalu diiringnya aku ke luar melalui pintu gerbang utara dan dibawanya aku berkeliling dari luar menuju pintu gerbang luar yang menghadap ke timur, sungguh, air itu membual dari sebelah selatan.
47:3 Sedang orang itu pergi ke arah timur dan memegang tali pengukur di tangannya, ia mengukur seribu hasta dan menyuruh aku masuk dalam air itu, maka dalamnya sampai di pergelangan kaki.
47:4 Ia mengukur seribu hasta lagi dan menyuruh aku masuk sekali lagi dalam air itu, sekarang sudah sampai di lutut; kemudian ia mengukur seribu hasta lagi dan menyuruh aku ketiga kalinya masuk ke dalam air itu, sekarang sudah sampai di pinggang.
47:5 Sekali lagi ia mengukur seribu hasta lagi, sekarang air itu sudah menjadi sungai, di mana aku tidak dapat berjalan lagi, sebab air itu sudah meninggi sehingga orang dapat berenang, suatu sungai yang tidak dapat diseberangi lagi.
Tahu tidak air itu namanya zam-zam

44:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci.
44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan, tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat.
Ini namanya Ihram

44:20 Rambut mereka dicukur dan jangan dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek.
Ini namanya Tahalul

44:15 Tetapi mengenai imam-imam orang Lewi dari bani Zadok yang menjalankan tugas-tugas di tempat kudus-Ku waktu orang Israel sesat dari pada-Ku, merekalah yang akan mendekat kepada-Ku untuk menyelenggarakan kebaktian dan bertugas di hadapan-Ku untuk mempersembahkan kepada-Ku lemak dan darah, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
44:16 Merekalah yang akan masuk ke dalam tempat kudus-Ku dan yang akan mendekati meja-Ku untuk menyelenggarakan kebaktian dan mereka akan menjalankan tugasnya terhadap Aku.
Ini yang dilakukan di dalam kakbah


2 komentar:

  1. Jadi maksudnya, pengikut nabi Isa a.s seharusnya melakukan ibadah di tempat yang dimaksud? tapi kenapa umat kristen tidak melaksanakannya, sedangkan yang melaksanakannya umat nabi Muhammad S.A.W
    Terimakasih saudaraku atas artikelnya

    BalasHapus